Pasang LED Lampu rem Avanza Veloz

Bagi rekan-rekan yang pernah mencoba mengganti lampu rem dengan LED pada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia atau mungkin juga mobil lain, mungkin pernah mengalami pengalaman unik seperti yang saya alami berikut ini.
Saat mengganti bohlam rem, biasanya kita akan memulai dengan cara mengganti pada satu sisi dulu. Setelah memasang pada satu sisi biasanya kita akan langsung mencoba menyala atau tidaknya. Nah pada momen inilah kadang sering terjadi kesalahpahaman, yakni setelah LED terpasang baru pada satu sisi, akan terjadi lampu senja tidak menyala tapi untuk yang nyala rem akan tetap normal. Biasanya orang yang belum pernah mengganti bohlam LED akan mengira pemasangan LED nya salah atau justru mungkin dikira ada aus pada soket lampunya sehingga akan melakukan bongkar pasang, bahkan akan mengamplas terminal kabel pada soket. Karena itulah yang sempat saya lakukan.
Percaya atau tidak sebenarnya pemasangan lampu kita itu sudah betul.
Usut punya usut permasalahannya adalah pada jenis bohlam yang masih berbeda antara sisi sebelah kanan dan sebelah kiri.
Jadi pada kasus saya, penyebabnya karena bohlam sebelah kiri masih menggunakan bohlam pijar biasa sementara bohlam sebelah kanan sudah saya ganti LED.
Seperti kita ketahui bahwa bohlam LED punya tahanan lebih besar daripada bohlam pijar biasa. nah seperti halnya aliran air begitu juga aliran listrik listrik akan cenderung mengalir melewati jalur yang mempunyai tahanan lebih rendah daripada tahanan yang lebih tinggi.
Setelah lampu sisi sebelahnya saya ganti LED semua, maka nyala lampu senja akan menjadi normal.
Dan ada satu efek lain dari penggantian ke lampu jenis LED ini, saat lampu rem menyala, maka lampu interior pada dashboard akan menyala karena seolah-olah lampu senja sedang kita nyalakan. Penyebabnya kurang lebih seperti gambar coretan berikut :
Seandainya pada jalur sebelum R2 pada LED kita pasang seri sebuah dioda, mungkin bisa menghilangkan efek diatas.
Tapi karena menurut saya efek tersebut bukan menjadi masalah, maka saya biarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Toyota Avanza